Rabu, 11 Juli 2012

Respon Para Profesional Industri Musik Atas Perubahan Sistem SBS “Inkigayo”


Setelah kemarin SBS mengumumkan bahwa acara musik mereka, SBS “Inkigayo” akan menghapus semua sistem peringkat Mutizen Song dan Take 7 yang kemudian akan mem-format ulang acara mereka, maka kini muncul berbagai tanggapan dari para profesional industri musik Korea terkait hal ini.
Kebanyakan dari mereka mendukung perubahan tersebut dengan alasan bahwa sekarang akan lebih banyak artis yang berkesempatan untuk di sorot dan menampilkan kontent yang lebih beragam. “Telah menjadi fakta dasar jika idola dari agensi besar-lah yang hampir seluruhnya mengambil alih peringkat teratas“.
Adapun pekerja dibidang industri musik lainnnya berbagi pemikiran dengan berkata, “Sejak fandom memainkan peran yang tidak kecil dalam menentukan sebuah peringkat, artis baru dari agensi-agensi kecil mengalami saat-saat yang sulit bahkan untuk tampil di atas panggung acara musik“.
Disamping dukungan dari beberapa pihak, disisi lain juga terdapat beberapa produser yang tetap berhati-hati terhadap perubahan ini. “Pembicaraan semacam ini telah berlangsung sejak tahun 2000-an. Tapi setiap saat, format peringkat tetap ada. Hal ini berarti bahwa tidak ada sistem yang menarik dan efektif [selain peringkat mingguan].
Namun sebagian produser juga khawatir terhadap para idola yang dalam hal ini sebagai pengisi acara. “Untuk artis seperti idola laki-laki yang bergantung pada penjualan album, perubahan ini bisa menjadi masalah. Jujur saja, merupakan sebuah kenyataan bahwa idola laki-laki lebih diperkuat oleh fandom yang membeli album mereka untuk menciptakan keuntungan bagi idola masing-masing. Jika sistem peringkat dihilangkan, bukan tidak mungkin jenis-jenis tindakan suportif juga akan lenyap“.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link Within

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...